GET QUOTE

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

NEWS

LAPORAN BERKELANJUTAN

PT TEZ VENTURA INDONESIA

2020



  1. Penjelasan Strategi Keberlanjutan

Pandemi COVID-19 merupakan salah satu tantangan terberat yang dihadapi oleh dunia global, termasuk Indonesia. Melemahnya kinerja ekonomi Indonesia juga berdampak pada kinerja perusahaan. Untuk itu, manajemen telah mengambil berbagai langkah strategis untuk mengatasi dampak COVID-19 baik dalam bidang ekonomi, tata kelola, dan sumber daya manusia, akan terus mencermati perkembangan pandemi COVID-19 ini serta dampaknya terhadap perekonomian global maupun domestik, untuk melakukan mitigasi yang dibutuhkan. Untuk itu, kami menggariskan beberapa kebijakan strategis yaitu: 

  1. Memastikan operasional perusahaan adaptif terhadap perkembangan situasi agar terus berjalan tanpa mengesampingkan kesehatan dan keselamatan nasabah dan pegawai.
  2. Menekankan strategi pertumbuhan yang cenderung selektif dan konservatif, guna menjaga pertumbuhan perusahaan yang terukur dan berkesinambungan dengan tetap berfokus pada sektor Property, Lifestyle dan Fintek.
  3. Menjaga likuiditas yang sehat    
  1. Ikhtisar Kinerja Aspek Keberlanjutan

a.    Aspek Ekonomi          

 

Pada Tahun 2018, Entitas memiki tiga Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) yang terdiri dari beberapa layanan produk jasa keuangan. Satu penyertaan saham kepada PPU, Satu Penyertaan saham obligasi konversi, dan pembiayaan produktif kepada Orang Pribadi. 

 Tahun 2019, Entitas mengalami kenaikan jumlah pasangan usaha menjadi sebesar 9 pasangan usaha. Dua diantaranya merupakan termasuk UMKM. Entitas melakukan penyertaan saham sebanyak tiga PPU, empat obligasi konversi, dan pembiayaan produktif berjumlah dua. 

Selanjutnya tahun 2020 entitas memiliki jumlah pasangan usaha sebesar 8 dan dua diataranya merupakan pasangan usaha UMK. Entitas melakukan penyertaan saham sebanyak empat pasangan usaha, obligasi konversi sebanyak dua pasangan usaha dan pembiayaan produktif sebanyak dua pasangan usaha.


Pada periode 2018, dimana merupakan awal beroperasinya, Perusahaan dapat membukukan pendapatan sebesar IDR 2.579 juta dengan Laba Bersih setelah pajak sebesar IDR 1.096 juta. Selanjutnya pada tahun ke dua operasi, Perusahaan mampu mencatat Pendapatan 3 kali lipat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar IDR 9.484 juta dengan nilai Laba Bersih setelah pajak sebesar IDR 4.970 juta.

Pada tahun 2020, yaitu masa awal pandemi Perusahaan tetap mampu melakukan operasional dengan baik, hal ini terbukti dengan tercapainya Pendapatan sebesasr IDR 11.081 juta dengan nilai Laba Bersih setelah pajak sebesar IDR 5.857 juta.

 

b.    Aspek Lingkungan Hidup

Perusahaan menyadari keberhasilan bukan hanya diukur dalam bentuk pencapaian materi, namun perlu juga mampu memberikan dampak positif untuk aspek lingkungan hidup. Pada saat ini, dengan kondisi Perusahaan yang baru beroperasi selama 3 tahun, maka manajemen telah berupaya untuk mampu menjaga keseimbangan dengan lingkungan sekitar, salah satu caranya dengan memilih dan menggunakan barang-barang elektronik yang ramah lingkungan dan hemat daya untuk menjalankan aktivitas perusahaan.

Selain itu, dalam usaha pengurangan limbah dan efluen akibat dari aktivitas perusahaan, belum ada upaya khusus atau extra karena aktivitas entittas tidak berkaitan langsung dengan limbah dan efluen.

 

c.     Aspek Sosial 

Entitas telah melakukan aktivitas sebagai penerapan dari keuangan berkelanjutan. Entitas  memberikan bantuan kepada masyarakat kabupaten Lebak Provinsi Banten yang terdampak banjir bandang yang disalurkan oleh Daarut Tauhid Peduli pada bulan Maret 2020. 

Wabah Covid-19 melanda Indonesia pada penghujung Maret, Entitas sadar bahwa hampir seluruh lapisan masyarakat terdampak akibat dari wabah ini. Gugus depan Entitas  Bersama Lembaga social setempat memberikan bantuan dana kepada   masyarakat yang terdampak covid-19.

 

  1. Profil Singkat PT Tez Ventura Indonesia

a.    Visi, Misi, dan Nilai Keberlanjutan 

Visi:

Menjadi Perusahaan Modal Ventura terdepan yang unggul dalam pengelolaan dana, penempatan investasi, dan pemberian jasa konsultasi dengan mengedepankan prinsip pengelolaan korporasi yang baik (good corporate governance) serta fokus pada penciptaan nilai tambah (value added creation) bagi seluruh pemangku kepentingan (stakeholder).

 

Misi:

  • Berperan aktif menumbuhkan sektor usaha swasta dan memperkuat perekonomian nasional dengan memajukan industri modal ventura di Indonesia.
  • Menyediakan akses permodalan dan pembiayaan alternatf yang produktif bagi pelaku usaha menengah.
  • Menjadi mitra manajemen yang efektif bagi pelaku usaha dalam mengelola bisnis dengan penciptaan nilai-tambah yang maksimal bagi perusahaan.
  • Memastikan dampak sosial-ekonomi yang positif dan tingkat pengembalian yang maksimal atas setiap pengelolaan dana dan penempatan investasi, guna keberlangsungan usaha di masa depan (sustainability).

 

b.     Informasi Perusahaan

PT Tez Ventura Indonesia

Alamat            : Equity Tower Lt 29 – Suite FGH

                         Jl. Jend. Sudirman Kav 52 – 53

No. Telp         : 021-5066-6205

No. Fax          : 021-5066-6205

Website          : http://tezventura.com/               

 

c.     Skala  Usaha  


        Perusahaan yang mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan pada 14 September 2018, sampai saat ini perusahaan masih memusatkan operasional pada daerah Jabodetabek. Saat ini kepemilikan saham Perusahaan masih bersifat private dan belum memiliki pemegang saham dari sektor publik dan pemerintah.

Sesuai dengan izin yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan, Perusahaan memiliki beberapa jenis produk dan layanan sebagai berikut :

1. Penyertaan Saham

2. Obligasi Konversi

3. Pinjaman Produktif

4. Jasa Konsultasi

Guna mendukung kelancaran operasional, Perusahaan terdaftar sebagai Anggota Amvesindo, yaitu Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amvesindo). Tidak ada perubahan signifikan pada perusahaan, karena sejak 2018 perusahaan belum memiliki kantor cabang. 

  1. Penjelasan Direksi mengenai Penerapan Keberlanjutan:

 

Tahun 2020 merupakan periode ekonomi yang belum pernah kita alami sebelumnya, di mana berdasarkan konsensus, pertumbuhan ekonomi dunia mengalami kontraksi sebesar -4.0 persen akibat pandemi global. Sementara, Indonesia mengalami dampak yang sama yaitu mengalami perlambatan sebesar -2,97 persen, jauh dari tingkat pertumbuhan pada 2019 yang mencapai 5,02 persen. Pandemi mengakibatkan penurunan kegiatan ekonomi

Menyikapi hal ini, Manajemen telah menyesuaikan strategi usaha dengan kondisi perekonomian dan dampaknya terhadap sektor riil dan Lembaga keuangan non bank di dalam negeri. Termasuk dalam strategi itu adalah perlindungan kesehatan dan keselamatan karyawan kami, menjaga pertumbuhan pendapatan serta mengelola tekanan pada Net Interest Margin (NIM), efisiensi biaya, kualitas aset, menjaga likuiditas, serta memperkuat proses pemantauan dan pengawasan.

Entitas berkomitmen untuk memastikan bahwa produk dan layanan jasa keuangan memperhatikan aspek-aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) yang baik, serta melakukan evaluasi terhadap kebijakan atas proses di dalam operasi bisnis dan perilaku investasi. Sehingga kami dapat mengelola risiko LST secara tepat dalam rangka berperan aktif mendukung pembangunan berkelanjutan.


  • Tata kelola keberlanjutan :

Manajemen dan seluruh staff bertanggung jawab secara bersama sama sebagai Pengelola Program Aksi Keuangan Berkelanjutan. Serta melakukan monitoring realisasi penyaluran dana kepada pasangan usaha sebagai komitmen berkelanjutan. 

 

  1. Kinerja keberlanjutan

Sesuai dengan kegiatan rencana aksi keuangan berkelanjutan yang telah disampaikan, bahwa kami berkomitmen untuk melakukan kegiatan untuk penerapan aksi keuangan berkelanjutan. Seperti pada akhir Desember 2020, manajemen melakukan pengenalan produk dan layanan jasa keuangan kepada masyarakat agar lebih mengenal layanan produk jasa keuangan non bank.

Selanjutnya untuk meningkatkat kualitas Sumber Daya Manusia, kami juga rutin melakukan pengembangan kompetensi untuk mengasah potensi yang dimiliki oleh masih masing tenaga kerja.

Target untuk melakukan pendanaan pasangan usaha UMKM, belum dapat terwujud dikarenakan, pada kondisi keuangan yang saat ini kami berpegang teguh dengan prinsip kehati-hatian. Kami lebih selektif untuk memilih pasangan usaha untuk melakukan kegiatan pembiayaan.

Kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh manajemen kami yaitu memberikan edukasi kepada masyarkat sekitar tentang kesadaran berinvestasi, dan lebih mengenal produk layanan jasa keuangan non-bank. Selain itu, kami aktif memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami musibah bencana seperti banjir dan pada 2020 memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu akibat terdampak covid-19.


 

 

Your Mail has been sent successfull Sending Mail is Failed

ADDRESS

Equity Tower Lantai 29 Unit 29 F, G & H,
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53,
Jakarta Selatan, 12190 Indonesia
021-5066-6205

SOCIAL